ANALISIS SALURAN PEMASARAN IKAN LELE DUMBO (CLARIAS GARIPINUS) DI DESA WATES, KECAMATAN TANJUNGANOM, KABUPATEN NGANJUK
DOI:
https://doi.org/10.19184/bisma.v19i2.53719Keywords:
lele dumbo, saluran pemasraan, MarginAbstract
Lele dumbo (Clarias gariepinus) adalah ikan air tawar yang banyak diminati dan memiliki nilai jual tinggi. Untuk meningkatkan keuntungan pembudidaya diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar distribusi berjalan lancar. Keberhasilan budidaya lele tidak hanya bergantung pada pembibitan dan pembesaran, tetapi juga pada sistem pemasaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola saluran pemasaran serta tugas dan fungsi lembaga pemasaran lele dumbo di Desa Wates, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan lokasi yang ditentukan dan dikelompokkan ke dalam wilayah pedesaan dan perkotaan. Responden pembudidaya dipilih menggunakan metode purposive sampling, sedangkan konsumen menggunakan random sampling. Data primer dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuisioner sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait serta BPS Kabupaten Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan adanya empat pola saluran pemasaran. Saluran pertama adalah yang paling efisien dengan margin Rp2.700/kg dan Farmer Share sebesar 89,90%. Sementara itu, keuntungan tertinggi terdapat pada saluran kedua yaitu sebesar 10,48%. Setiap lembaga pemasaran memiliki peran penting dalam mendukung proses distribusi ikan lele dumbo diantaranya adalah pembudidaya, pedagang pengepul, pedagang besar, dan pedagang eceran memiliki peran dalam fungsi pertukaran, fisik, dan fasilitas.
Downloads
References
Alam, A. S., & Susanto, A. H. (2020). Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Manggis Studi Kasus Di Kelompok Tani Manggista Desa Cibokor Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. AGRITA (AGri), 1(2), 94.
Asriani, A., Santoso, J., & Listyarini, S. (2019). Nilai Gizi Konsentrat Protein Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepenus) Ukuran Jumbo. Jurnal Kelautan Dan Perikanan Terapan (JKPT), 1(2), 77.
Attar, F. K. (2024). Data: 10 Provinsi Penghasil Lele Terbesar di Indonesia.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Produksi dan Nilai Produksi Perikanan Budidaya Lele dan Nila Menurut Kabupaten/Kota dan Komoditas Utama di Provinsi Jawa Timur, 2021.
Badan Pusat Statistik (BPS). (2024). Produksi dan Nilai Produksi Perikanan Budidaya Menurut Provinsi dan Komoditas Utama, 2022.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). (2024). Volume Produksi Perikanan Budidaya Pembesaran per Komoditas Utama (Ton).
Kusdiantoro, K., Fahrudin, A., Wisudo, S. H., & Juanda, B. (2019). Kinerja Pembangunan Perikanan Tangkap Di Indonesia. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan, 5(2), 69–84.
Mawasangka, K., & Buton, K. (2024). Jurnal sosial ekonomi perikanan. 9(2), 133–140.
Pangemanan, S.P., Lumenta, I.D.R., Rawis,J.O.E., Mailangkay,T. (2023). Farmer Share , Margin dan Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras. Journal of Animal Science 5(2), 90–97.
Romdona, S., Junista, S.S., Gunawan A.2024.Teknik Pengumpulan Data : Observasi Wawancara dan Kuisioner. JURNAL ILMU SOSIAL EKONOMI DAN POLITIK Vol. 3, No. 1, pp. 39-47.
Rizky, P. N., Simamora, D. B., Arifin, M. Z., & Nazran. (2024). Teknik Budidaya Lele Dumbo (Clarias gariepinus) dengan Sistem Booster. Current Trends in Aquatic Science , 7(1), 7–13.
Santosa, T. H., Kurniasari, W. A., & Prawitasari, S. (2020). Marketing Analysis Of Lele Dumbo Fish (Clarias Gariepinus) In Mojomulyo Village, Puger Distict. Jurnal Agribest, 4(1), 44.
Sari, D.P. (2024) Analisis Sistem Pemasaran Ikan Nila di Desa Lantang Kecamatan Polongangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Volume 7 Nomor 2, 2024 | 5616. 7, 5616–5630.
Simangunsong, R. S., & Saragih, F. H. (2023). Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Lele di Desa Tanjung Seumantoh Karang Baru Aceh Tamiang. Jurnal Penelitian Agrisamudra 10(2), 64–71.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Penddidikan 9, 2721–2731.
Tokkan, J. P., Indrayani, E., & Rumbiak, K. K. (2023). Analisis Pemasaran Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepenus) di Jayapura. 01(01), 71–79.
Triyanti, R dan Shafitri, N. 2012. Kajian Pemasaran Ikan Lele (Claris Sp) Dalam Mendukung Industri Perikanan Budidaya (studi Kasus Boyolali, Jawa Tengah) 7(2).
Ulinnuha, H., Muhaimin, A. W., Faizal, F., Setiawan, B., & Isaskar, R. (2024).Analisis Efisensi Pemasaran Pakcoy (Brassica Rapa L) Berserifikat Prima -3 (studi Kasus di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang) 8, 1192–1207.
Yusran,U,M., Askar, H., Rasdi., Istyqmah, M., Saleh, M.A. (2024). Analisis Rantai Distribusi dan Mutu Ikan Bandeng di Kota Makassar. Jurnal Perikanan dan Kelautan Perikanan. 14, 186–199.
Zakaria, Z., Lifianthi, L., Sosial, J., Pertanian, E., Agribisnis, P. S., Pertanian, F., Sriwijaya, U., Ilir, O., & Selatan, S. (2022). Bagian Harga yang Diterima Petani ( Farmer ’ s Share ) dan Efisiensi Saluran Pemasaran Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Petani Swadaya di Kabupaten Banyuasin. Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptima 6051, 533–543.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suwinda Fibriani, Dwi Putri Sunaryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.