STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BERBASIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA FOURKEYS STUDIO NGANJUK

Authors

  • Ika Puspitasari Dyah Rahmadhani Politeknik Negeri Jember
  • Tiara Ayu Nugraha Putri Politeknik Negeri Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/bisma.v19i2.53718

Keywords:

Analisis deskriptif kuantitatif, Daya saing, Fotografi, Strategi Pengembangan Bisnis

Abstract

Industri kreatif fotografi mengalami perkembangan pesat seiring kemajuan teknologi digital dan meningkatnya kebutuhan konten visual. Persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku usaha untuk terus berinovasi dan menyusun strategi bisnis yang adaptif. FourKeys Studio Nganjuk memiliki potensi yang signifikan dalam industri fotografi. Potensi ini diimbangi dengan adanya tantangan yang dihadapi seperti munculnya teknologi AI hingga selera dan tren visual konsumen. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi daya saing FourKeys Studio Nganjuk serta merumuskan strategi pengembangan bisnis berbasis Analisa SWOT yang aplikatif sesuai dengan kondisi lapang usaha. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling melalui observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan matriks SWOT melalui pendekatan IFAS dan EFAS. Hasil penelitian menunjukkan nilai IFAS FourKeys Studio memiliki nilai sebesar 1,35 dan nilai EFAS sebesar 0,8. Berdasarkan matriks IE yang dihasilkan, FourKeys Studio Nganjuk berada pada kuadran I (growth-oriented strategy), yang mendorong penerapan strategi agresif Strength–Opportunity (S–O) dengan memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal untuk memperkuat daya saing dan keberlanjutan di industri kreatif.  Penelitian ini memberikan kontribusi akademik terhadap pengembangan kajian manajemen strategis di sektor industri kreatif, serta manfaat praktis sebagai rujukan dalam merumuskan strategi pengembangan usaha fotografi yang responsif terhadap dinamika pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajiva, O. A., Onyinye Gift Ejike, D., and Angela Omozele Abhulimen. (2024). The critical role of professional photography in digital marketing for SMEs: Strategies and best practices for success. International Journal of Management & Entrepreneurship Research, 6(8), 2626–2636. https://doi.org/10.51594/ijmer.v6i8.1410

Aulia, L. N., dan Widodasih, R. R. W. K. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Melalui Analisis SWOT Pada Toko Buku “ Demak ” Di Pilar Cikarang Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis P-ISSN 2620-9551 E-ISSN 2622-1616, 6(2), 697–703.

Bouwman, H., Nikou, S., and de Reuver, M. (2019). Digitalization, business models, and SMEs: How do business model innovation practices improve performance of digitalizing SMEs? Telecommunications Policy, 43(9), 101828. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2019.101828

Dewa, C. B., Safitri, L. A., dan Hadi, W. (2023). Analisis Swot Dan Pemasaran Digital Strategi Peningkatan Bisnis Umkm Kremesan Ayam Csp Snack. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 7(1), 62. https://doi.org/10.25273/capital.v7i1.16242

Harlina, Sitti, Angdy Erna, A., dan Bahtiar, dan M. O. K. (2023). Identifikasi Strategi Pengembangan Bisnis para Penggiat UMKM Menggunakan SWOT Analisis. MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 3(2), 99–107. https://doi.org/10.57152/malcom.v3i2.884

Inayati, T., Evianah, & Prasetya, H. (2018). Perumusan Strategi dengan Analisis SWOT pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus UMKM Produk Sepatu di Mojokerto, Jawa Timur). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis Ke-3, 217–231.

Irawan, C. R. (2024). SWOT Analysis as a Company Strategy for Business Competition. Siber Journal of Transportation and Logistics, 1(4), 164–171. https://doi.org/10.38035/sjtl.v1i4.158

King, Thomas, Shelly Freyn, D., and Jason Morrison. (2023). SWOT analysis problems and solutions: Practitioners’ feedback into the ongoing academic debate. Journal of Intelligence Studies in Business, 13(1), 30–42. https://doi.org/10.37380/jisib.v13i1.989

Lubis, A., Marhayanie, M., & Hasibuan, B. (2019). Developing Strategies Based on Swot Analysis for SMEs. Proceedings of the 1st International Conference on Economics, Management, Accounting and Business, ICEMAB 2018, 8-9 October 2018, Medan, North Sumatra, Indonesia. EAI. https://doi.org/10.4108/eai.8-10-2018.2289250

Luhung, A. R. A., & Hartini, N. M. (2024). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Cendol Sonia dalam Meningkatkan Volume Penjualan di Denpasar. (2024). Journal Research of Management, 5(2), 290-302. https://doi.org/10.51713/jarma.2024.5214

Mafaticha, A., & Andni, R. (2023). SWOT Analysis in the Development Strategy of Lettuce Farmer UMKM (Case Study of UMKM Alam Tani Hidrofarm Kudus). Journal of Social Science Utilizing Technology, 1(2), 77–85. https://doi.org/10.70177/jssut.v1i2.598

Mandira, I. M. C., and Damayanti, G. A. A. P. C. (2023). Analysis of SWOT, IFAS, EFAS, and BLC in the Heavy Equipment Industry in Bali. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 14(02), 21–32. https://doi.org/10.21009/jrmsi.014.2.03

Mashuri, M., dan Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Panthamit, N., Wisuttisak, P., & Chandina, D. (2018). Regulatory And Business Environments In Cambodia: Case Studies Of Cambodia And Thailand Sme Investors’. Journal of Southeast Asian Studies, 23(2), 65–88. https://doi.org/10.22452/jati.vol23no2.4

Putri, Tiara Ayu Nugraha, Ika Puspitasari Dyah Rahmadhani, dan Purbowo. (2025). Analisis SWOT Pengembangan Usaha Tempe di Desa Tambakberas. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis, 10(105), 60–69. https://doi.org/http://doi.org/10.37149/JIA.v10i1.1

Rajahonka, M., Ollanketo, A., Saali, H., and Kiukas, A. M. (2023). Model for Digital Skills Training for SMEs. Proceedings of the European Conference on Innovation and Entrepreneurship, ECIE, 2, 739–745. https://doi.org/10.34190/ecie.18.2.1735

Sukmawati, H., & Suminartika, E. (2024). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Eceng Gondok (Studi Kasus Usaha Kreatif Kerajinan di Cirata Eceng Craft (Ciecra)). MIMBAR AGRIBISNIS Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 10(2), 3327. https://doi.org/10.25157/ma.v10i2.14792

Tehseen, S., Ahmed, F. U., Qureshi, Z. H., Uddin, M. J., and Ramayah, T. (2019). Entrepreneurial competencies and SMEs’ growth: the mediating role of network competence. Asia-Pacific Journal of Business Administration, 11(1), 2–29. https://doi.org/10.1108/APJBA-05-2018-0084

Wibowo, P. A., dan Arofah, M. P. (2024). Analisis SWOT dan Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk Strategi Pengembangan Usaha di Gapit 24. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi, 7(3), 1650–1659. https://doi.org/10.31004/jutin.v7i3.30836

Yuliansyah, V., Widyantoro, M., dan Sari, R. K. (2024). Analisis IFAS dan EFAS Produk Elektronik Berbahan Dasar Karet di PT Fitria Jaya Lestari Melalui Metode SWOT. Prodising Semnastek FT-UBJ, 1(1), 1–11.

Downloads

Published

2025-07-30

Issue

Section

Articles